Translate

PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK RUMAH BARU

Hay Elektro lover, di hari jumat ini elektrojiwaku akan posting peralatan dan bahan untuk pemasangan instalasi listrik rumah baru.

Adapun alat dan bahannya adalah sebagai beritut :
  1. Gambar / rencana dari pemasangan instalasi listrik. Ini sangat penting karena dengan adanya gambar ini kita dapat memperkirakan jumlah bahan dan biaya yang akan diperlukan
  2. Kabel 3x2,5mm ini merupakan kabel standar dipakai dalam instalasi listrik rumah tingal untuk pemasangan listrik jalur utama (misal Stop Kontak)
  3. Kabel 2x2,5mm  ini merupakan kabel standar yang dipakai dalam instalasi listrik khususnya dalam pemasangan titik lampu
  4. Fiting Lampu
  5. Sakelar
  6. Kotak Kontak
  7. Pipa PVC untuk jalur kabel di dalam tembok
  8. T DOS (Kotak sambung kabel)
  9. IN Bow Dos
  10. MCB
  11. Kotak MCB
  12. Klem Kabel
  13. Isolasi Kabel (Warna Hitam)
  14. Lampu
 *untuk jumlah bahan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Khusus untuk kabel elektrojiwaku sarankan untuk membeli merek kabel FOCUS SNI atau merek lain yang memang SNI karena tanpa adanya SNI ukuran kabel akan berbeda dari kenyataan. Selain itu ukuran kabel juga harus lebih panjang dari kebutuhan yang sebenarnya. Ii dikarenakan diatas plafon sering kali kita menghadapi hambatan yang tak terduga misal lekukan lekukan antara kayu yang tak seragam yang tak mungkin kita ukur saat menggambar .
  
Untuk peralatan yang digunakan dalam instalasi listrik antara lain  :
  1. Tang Kombinasi
  2. Tang Potong
  3. TAng LAncip
  4. Gergaji besi
  5. Palu
  6. Gerinda
  7. Mesin Pacal / Pacal Manual
  8. Paku
  9. Masker
  10. Tangga 
 Video dibawah ini merupakan salah satu proses dalam Pemasangan Instalasi Listrik Rumah Baru.